Jumat, 18 September 2015

Tutorial HTML Dasar : 6. Mengenal Attribut Styles di HTML

14.01



Setelah kemarin libur posting, sekarang saya mulai posting kembali tentang Element Styles di HTML. Bagi yang belum baca tuorial HTML sebelunya bisa di klik di Tutoral HTML Dasar : 5. Mengenal Headings dan Paragraphs.

Styles adalah suatu element yang digunakan untuk merubah gaya dari sebuah web atau memperindah sebuah web. Sebenarnya untuk full design itu menggunakan CSS(Cascading Style Sheets). Disini saya mengambil referensi dari w3schools menyusun tutorial HTML dasar ini sesuai w3schools.

Langsung buat saya contoh :

<!doctype html>
<html>
     <head>
           <title>Belajar Styles</title>
     </head>
     <body style='background-color:lightgrey'>
           <p>Belajar Styles</p>
     </body>
</html>
nah saya coba jelaskan kepada sobat sekalian, <body => tagnya, style=' => attributenya, backround-color: => CSS propertinya, lightgrey => valuenya, > penutupnya. Sebenarnya bisa langsung menggunakan attribut bgcolor tanpa menggunakan attribut styles, akan tetapi untuk HTML5 bgcolor tidak support.

Untuk tag <p> ataupun <h1> dan seterusnya, styles bisa kita gunakan untuk merubah warna, font, ukuran font, dan lain-lain. sekarang kita akan buat sebuah file HTML lagi sobat, untuk latihan mengganti font dan lain-lain.

<!doctype html>
<html>
     <head>
           <title>Belajar Styles</title>
     </head>
     <body style='background-color:lightgrey'>
           <h1 style='color:lightblue'>properti color pada attribut style untuk merubah warna</h1>
           <style='font-family:arial'>properti font-family pada attribut style untuk merubah font</p>
           <style='font-size:150%'>properti font-size untuk merubah ukuran tulisan</p>
           <p style='text-align:center'>properti text-align untuk merubah tempat penulisan</p>
     </body>
</html>
Diatas sudah saya sertakan penjelasan yang singkat. Mungkin cukup sekian sekilas tentang styles di HTML, untuk mengenal lebih lanjut, silakan anda belajar css. Akan tetapi sobat harus mengerti dulu semua tag HTML. Saya menganjurkan sahabat mengerti dulu, karena kalau sudah mengerti HTML lupa tag pun tidak terlalu masalah dan hanya perlu membaca sedikit.

Mungkin cukup sekian sekilas tentang mengenal Styles di HMTL. Mohon maaf bila ada kesalahan, bila benar ada, bisa anda koreksi di kolom komentar dibawah.

Terima kasih dan semoga bermanfaat sahabat chakra media blog....

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.