Jumat, 11 September 2015

Tutorial HTML Dasar : 1. Mengenal apa itu HTML dan fungsinya

20.09


Halo guys =D ketemu lagi dengan saya di chakra media blog, setelah membuat posting pembukaan pada kali ini saya akan membahas tentang HTML. Apa itu HTML ?? dan apa fungsi dari HTML ??.
baik sebelum saya menjelaskan apa itu HTML, alangkah baiknya kita mengenal dulu siapa orang yang berjasa menemukan HTML ini hingga sekarang menjadi salah satu bahasa dalam komputer yang bisa dikatakan terbaik hingga saat ini, singkatnya penemu HTML ini yaitu Tim Berners Lee beserta timnya sekaligus penemu world wide web atau biasa disingkat www, yang saat ini menjadi ketua w3c(World Wide Web Consortium).

Nah setelah mengetahui orang yang menemukan bahasanya, mari kita lanjut ke pembahasan inti.
apa itu HTML ?? HTML itu singkatan dari HyperText Markup Language, HTML bisa di sebut Markup Language atau Bahasa Markup, disebut Markup karena HTML berasal dari sekumpulan tag Markup. jadi HTML  adalah bahasa markup yang mengandung tag-tag atau kode didalamnya dan dideskripsikan melalui browser. Dan fungsi HTML yaitu membuat suatu arsip atau data atau dokumen yang bisa dibuka di web browser kita dan bisa berpindah dokumen dengan cepat dengan klik ke sebuah link yang inginkan. Orang-orang yang sudah mengerti di bidang pemrograman sebenarnya menyebutkan bahwa HTML bukan bahasa pemrograman karena HTML tidak memiliki fungsi seperti if, loop, dan lain-lain, nah bahasa pemrograman PHP inilah yang disebut bahasa pemrogramannya. Jika diibaratkan HTML & PHP ini bagai seorang manusia, HTML sebagai raganya atau hanya seluruh badannya. dan PHP ini adalah jiwanya atau nyawanya. Mengapa saya bilang seperti itu ? karena dalam tag HTML terdapat tag seperti <head>,<body>. jika kalian sudah mengenal HTML dan PHP akan paham sendiri deh kenapa saya ibaratkannya seperti itu =D. HTML sampai saat ini sudah mencapai versi 5 atau HTML5.

contoh sintak atau kode dasar dari HTML agar teman-teman lebih semangat mempelajarinya :

<html>
    <head>
          <title> web pertamaku</title>
    </head>
    <body>
          <h1>hello, World</h1>
    </body>
</html>

Mungkin cukup sekian dulu untuk pengenalan HTML, di tutorial selanjutnya kita akan membahas tentang text editornya bisa digunakan untuk membuat file HTML dkk.

semoga bermanfaat.... jangan lupa kunjungi blog ini lagi yaa....

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.