Minggu, 13 September 2015

Tutorial HTML Dasar : 3. Mengenal tag-tag dasar dalam HTML

11.18


Hey sabahat Chakra Media Blog, kali ini saya akan memposting sebuah awal dari pembelajaran HTML  kalian nih, langsung saja saya akan memulainya.

Semua bahasa pemrogramman pasti punya gaya penulisan masing-masing, jika teman-teman pernah belajar tentang bahasa pemrogramman lain pasti akan melihat perbedaannya. Dalam HTML juga kita akan mempelajari tentang tag-tag dasar dan struktur penulisan yang benar.

Tag adalah sebuah kode atau tanda yang ditulis untuk membuat web browser mengerti apa yang ingin kita gambarkan di web browser tersebut. Itu menurut saya yah, nah setelah sahabat membaca pengertian tag, mari kita lihat tag-tag paling dasar dan inti dari sebuah HMTL.

Mari kita buka text editor kita, entah itu notepad++,sublime, atau dreamweaver.
Tag pertama yang paling awal yaitu :

<!DOCTYPE html>

kenapa harus memakai tag diatas ?? karena sampai saat ini HTML sudah mencapai versi 5 disebut HTML5. Mungkin sahabat juga bertanya, kenapa ketika pengenalan HMTL sebelumnya contohnya tidak memakai tag diatas ?? karena agar kalian tertarik dulu dan tidak beranggapan kalau HTML itu susah.
sekarang tag selanjutnya :

<html>
       ......
</html>
Tag ini menjadi sebuah bungkus untuk semua tag lain, kecuali yang atas tadi yah. Setiap tag harus ditutup, tanda perbedaan penutup dan pembuka tag yaitu dengan tanda backslash (/).
selanjutnya yaitu :

<head>
     <title>Web Pertamaku</title>
</head>
Tag <head> ini biasa digunakan untuk menyimpan judul web kita. Tapi, selain judul web kita juga bisa menyimpan sebuah file css ataupun javascript. Tag <title> itulah untuk membuat judul web kita.
selanjutnya :

<body>
      <h1>Hello World!, This is my first web.</h1>
</body>
Tag <body> ini biasa dipakai untuk menyimpan semua isi yang ada didalam web sobat. dan tag <h1> ada 6 yaitu dari <h1> sampai <h6>. <h1> ukuran font yang paling besar dan <h6> ukuran font yang paling kecil.

Sekarang mari kita susun bersama di text editor kita :

<!doctype html>
<html>
     <head>
           <title>Web Pertamaku</title>
     </head>
     <body>
           <h1>Hello World!, This is my first web</h1>
     </body>
</html>

Jangan lupa ketika save harus memakai extensi .html,buatlah sebuah folder untuk khusus latihan kita, lalu save dengan nama web_pertamaku.html.


Mari kita lihat apakah berhasil ? buka di web browser kita dengan double klik jika sudah default programnya mozzila/chorme, jika belum tinggal klik kanan open with pilih saja web browser mana yang kita inginkan.. kurang dianjurkan memakai IE(Internet Explorer).


Jika berhasil akan tampil seperti gambar diatas...

cukup sekian untuk pembahasan tentang Mengenal tag-tag dasar HTML, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan karena saya juga manusia, yang pasti bila anda menemukan kesalahan tinggal komentar. semoga bermanfaat... jangan lupa kunjungi chakra media lagi sobat...

2 Comments

  1. chakra suka ngeblog juga ternyata :v
    kunjungan balik yah http://www.fajaralrahmansyah.web.id

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.